Apa itu Pandemi, Endemi dan Epidemi?

Pada awal Maret 2022 ini beberapa negara menetapkan status Covid-19 menjadi endemi, bukan menjadi pandemi lagi. Namun Indonesia belum menetapkan hal tersebut walaupun Menteri Kesehatan RI pernah menyatakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia akan berubah menjadi endemi.

 

Gaes…, sebenarnya apa yang dimaksud dengan pandemi, endemi atau epidemi, istilah yang sudah akrab banget dengan kita, akhir-akhir ini. Oke kita bahas satu persatu ;

Pertama, Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi serentak dalam waktu yang bersamaan dan meliputi wilayah geografis yang sangat luas. Bisa seluruh negara/benua di dunia. Atau penyakit ini sudah menjadi masalah bersama bagi seluruh warga dunia.

Contoh penyakit pandemi yang update ini adalah Covid-19 atau Corona Virus Deseases 19 ini.

Hari ini hampir seluruh negara di dunia melaporkan adanya kasus Covid-19, tiada kecuali

Kedua, Endemi adalah penyakit yang muncul, berada pada suatu daerah dan menjadi karakteristik di daerah tersebut, misalnya Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia, rabies di Bali dan Poso, antraks di Gunungkidul dan lainnya. Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah.

Ketiga, Epidemi adalah penyebaran penyakit secara cepat dan meluas  di suatu wilayah atau negara tertentu dan mempengaruhi populasi penduduk di wilayah tersebut, misalnya flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) pada tahun 2003.

Demikian beberapa istilah yang perlu diketahui dan semoga semakin jelas dan bisa membedakan. Ayoo kita berperan dalam pengendalian dan pencegahan penyakit menular di sekitar kita dengan menghindari atau mencegah faktor risikonya. (sdr)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!