Pendidikan

Sahabat Jogja Kita, pendidikan merupakan masalah strategis dalam membangun dan memajukan sebuah masyarakat, benarkah? oke, yuk kita ambil contoh empirisnya.

Jepang. Satu abad lalu masyarakat Jepang merasakan ketertinggalan yang cukup jauh dari masyarakat barat. Hal ini menumbuhkan kesadaran dari para pemimpin Jepang untuk ‘mengejar’ ketertinggalan mereka dengan mengadopsi masal ilmu dan pengetahuan dari barat dengan mengirimkan anak-anak muda mereka untuk belajar ke barat, dan hasilnya Jepang pesat dalam perkembangan kehidupan masyarakatnya dan kuncinya pendidikan.

Korea Selatan, seperti Jepang juga sahabat hanya berbeda ‘pemantik’ semangatnya. Justru masyarakat Korea Selatan terpacu untuk bisa ‘mengalahkan’ bekas penjajahnya, Jepang. wowww pengen mengalahkan tapi tidak dengan berperang. Lantas mereka juga mengirimkan anak-anak muda mereka untuk belajar dengan semangat sebagai pemenang. Saat ini, sahabat lihat sendiri perkembangan negara¬† ini telah mendahului saudara kembarnya. kuncinya adalah pendidikan.

Turki Usmaniyah, Jika dua negara diatas melesat dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara materi, beda dengan Turki Usmani. Negeri ini tumbuh dengan membentuk entitas masyarakat yang khas, selain pelopor dan peletak dasar ilmu pengetahuan dan teknologi modern, juga membangun peradapan yang didasari oleh ideologi yang kuat yang menuntun menuju ketaatan pada tata nilai-nilai kemanusiaan. Dibangun dan dikendalikan oleh pemimpin dan ulama disisi lain secara bersama-sama, dan sahabat bisa lihat langsung atau baca historinya dari literatur, Turki Usmani menjadi imperium dunia karena pendidikan masyarakatnya.

Nah, itu sahabat betapa penting dan strategisnya pendidikan dalam membangun peradapan manusia…

<script data-ad-client=”ca-pub-3823530675937189″ async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>