Pendopo Lawas, Angkringan Alun-alun Utara Jogja

 

Usai bersepeda telusur Malioboro rehat di Pendopo Lawas (foto : #pendopo.lawas)

Siapa yang nggak kenal Angkringan Jogja? bagi orang aseli Jogja tentu tidak asing karena di setiap sudut kampung hampir pasti ada angkringan. Mudah untuk ditemui untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari krn serba ada tanpa harus masaaak… hehehe.

Bahkan ada yang menjadi tersohor setelah dikreasikan, seperti kopi josss yang seyogyanya kopi hitam yang dimasukkan bara dari arang dan berbunyi jossss….. Yaa…angkringan di kisaran utara stasiun Tugu atau di ujung utara Malioboro yang menginisiasi kopi jossss.

Suasana eksotis di malam hari (foto : #pendopo.lawas)

Suasana yang berbeda dengan view tanah lapang yang luas dan lepas untuk menikmati kuliner angkringan silakan ke Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Angkringan ada di sisi utara dan sisi timur alun-alun. Sisi timur ada Pendopo Lawas, angkringan dengan konsep outdoor menyajikan berbagai menu makanan dan minuman. Walaupun buka jam 16.00 pelayanan biasanya baru dimulai sekitar jam 17.00, namun jangan khawatir pengunjung bisa duduk-duduk di  meja kursi yang disediakan di area yang cukup luas.

Menu oseng khas Jogja (foto : #pendopo.lawas)

Menu di Pendopo Lawas cukup beragam dengan harga yang terjangkau. Satu porsi nasi Rp.3000 dan  oseng seharga @ Rp 4000, baik oseng teri, soon (mi jagung), kikil, tempe dan usus merupakan harga yang amat terjangkau. Menu tambahan berbagai macam sate, lauk dan aneka jajan pasar lainnya juga tersedia. Menu minumannya juga bervariasi mulai dari wedangan hangat ; jahe, ronde, teh, tape danlainnya hingga es coklat. Harga minuman berkisar Rp 3500 sampai Rp.12000.

Aneka sate (foto : #pendopo.lawas)

Fasilitas umum yang bisa diakses free wifi, mushola dan toilet juga tersedia di Pendopo Lawas. Catatan yang penting bagi yang akan berkunjung di angkringan ini adalah Pendopo Lawas telah mengkantongi ijin Laik Higienis dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

Memasuki malam, suasana eksotik semakin terasa, keindahan lampu-lampu asesoris menambah suasana romantis. Selamat datang di Yoyakarta dan menikmati kuliner angkringan di sekitar alun-alun utara Kraton Yogyakarta (sdr).

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *