Si Cantik, Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu Kulon Progo

Hutan mangrove di pantai Pasir Kadilangu Temon, Kabupaten Kulon Progo awalnya merupakan wilayah konservasi hutan bakau untuk mencegah abrasi di wilayah pantai selatan Kab. Kulon Progo. Dimulai tahun 1989 kawasan konservasi ini dikembangkan. Setelah sekian waktu kawasan ini dikembangkan sebagai tempat wisata yang menarik dan dengan tampilan yang berbeda.
Bagi sahabat Jogja Kita yang demen touring ke destinasi pantai tentu akan sangat tertarik karena wisata hutan mangrove ini, berada dalam satu garis pantai dengan Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik sehingga bisa dikunjungi dalam satu waktu.


Hutan bakau yang sudah jadi dipoles oleh masyarakat dengan dukungan pemerintah ini menjadi lebih cantik.
Begitu masuk kawasan hutan bakau, setelah menaruh kendaraan di tempat parkir yang cukup luas, pengunjung langsung memasuki jembatan bambu yang artistik dan indah. Jembatan masuk akan menghubungkan jembatan lain untuk menyusuri kawasan hutan mangrove. Kecantikan lain adalah disediakannya spot dan gazebo untuk istirahat ataupun berhenti sejenak menikmati sepoinya angin laut.
Beberapa spot instgramable disediakan bagi pengunjung yang ingin berfoto selfie, yang bisa digunakan untuk mengabadikan momentum indah di hutan mangrove. Pengunjung yang berkeinginan menyusuri laguna tempat tumbuhnya pohon bakau dan menikmati sensasi berkendara dengan perahu mesin dapat menggunakan fasilitas perahu yang dikenai tarif perseorangan.
Jika punya waktu panjang sahabat Jogja Kita bisa naik ke anjungan tertinggi untuk mengintip gemuruh gelombang samudera pantai selatan dan pemandangan kawasan wisata dari atas sembari menikmati belaian lembut angin pantai selatan. Usai mengitari hutan mangrove sahabat Jogja Kita bisa menyusuri jalan setapak yang memandu ke arah pantai, sahabat jangan khawatir tersesat karena ada petunjuk arah yang dipasang.

Sesampai di pantai, sahabat akan merasakan kekaguman yang luar biasa atas kuasa ilahi…., yaah pemandangan pantai dengan gelombang besar yang saling berganti, subhanallah. Maha Agung yg telah menciptakan.
Sahabat Jogja Kita, disarankan waktu berkunjung di hutan mangrove ini pada saat pagi 07.00 – 09.00 atau sore setelah jam 15.00 untuk menghindari sengatan mentari yang terik. Namun jika punya kesempatan berkunjung di waktu tersebut no problem, sahabat bisa menggunakan pelindung kulit ato sun block, memakai tudung/topi atau membawa payung untuk melindungi diri dari terik matahari.

Selamat berlibur.

 

Lokasi hutan mangrove.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *