“…sudah divaksin mas?”

Sobat sholtan, hari ini kata tersebut menjadi kalimat tanya di kalangan nakes ehh tenaga kesehatan maksudnya. Karena hari ini, Kamis 14 Januari 2021 merupakan hari perdana pemberian vaksin bagi tenaga kesehatan setelah pak presiden mengawali hari Rabu 13 Januari 2021 kemarin. Tentu termasuk di Yogyakarta yang kebetulan berbarengan dengan peringatan Peringatan berdirinya Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-274 pada 13 Januari 2021 atau tanggal 29 Jumadil Awal 1954 Jimakir dalam Kalender Jawa.

sobat sholtan, berikut informasi apa saja yang akan dilakukan di tempat atau lokasi vaksinasi. di fasilitas pelayanan kesehatan pemberi vaksin akan disediakan 4 meja sebagai berikut :

Meja 1, Calon penerima vaksin akan didaftar dan dilakukan pemeriksaan data oleh petugas fasyankes, NIK, tiket vaksinasi, kesesuaian jadual dan lokasi.

Meja 2, di meja 2 dilakukan skrining kesehatan dengan pengecekan suhu badan, tekanan darah, gula darah, dan lainnya dan menanyakan beberapa informasi (pertanyaan pada aplikasi p-care). Di meja 2 ini akan ditentukan apakah calon penerima vaksin bisa melanjutkan vaksinasi atau tidak. Calon penerima vaksin diharapkan dapat menjawab seluruh pertanyaan yang disampaikan oleh petugas.

Meja 3 ; setelah selesai skrining dan dinyatakan bisa diberikan vaksin di meja 2, calon penerima vaksin menuju meja 3 untuk diberikan vaksin.

Meja 4 : Selesai pemberian vaksin, penerima vaksin menuju meja 4 untuk menerima jadual vaksinasi kedua, kartu vaksinasi dan memastikan bahwa data dirinya sudah dimasukkan dalam sistem oleh petugas. Selesai di meja 4 penerima vaksin menunggu di tempat yang telah disediakan selama 30 menit untuk dilakukan pengawasan oleh petugas.

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan telah melakukan persiapan pelaksanaan imunisasi secara baik. Petugas difasyankes telah dibekali dengan teknis pelaksanaan, manjemen logistik, manajemen data dan tatalaksana pasca vaksinasi, sehingga pelaksanaan dapat dilaksanakan secara aman dan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares

Barang bekas lawasan dan antik silakan kontak 0821 3780 0983 Dismiss

error: Content is protected !!